Batik, Fabric Tradisional Indonesia | Terjemahkan Halaman ini |
Ini akan menjadi mustahil untuk mengunjungi atau tinggal di Indonesia dan tidak akan terkena salah satu bentuk yang paling sangat berkembang negara seni, batik. Pada kunjungan pertama Anda ke toko batik atau pabrik Anda pasti akan mengalami rangsangan yang luar biasa dari indera - karena banyak warna, pola dan bau sebenarnya batik. Hanya melalui kunjungan berulang dan sedikit studi akan jenis desain dan asal-usul mereka menjadi jelas. Kata batik diduga berasal dari kata ' ambatik ' yang diterjemahkan berarti 'kain dengan titik-titik kecil'.Akhiran 'tik' berarti sedikit titik, drop, titik atau untuk membuat titik. Batik juga dapat berasal dari kata Jawa ' tritik ' yang menjelaskan proses menolak untuk mati di mana pola disediakan pada tekstil dengan mengikat dan menjahit daerah sebelum mati, mirip dengan teknik mengikat dye. Lain fase Jawa untuk pengalaman mistik pembuatan batik adalah " mbatik manah "yang berarti" menggambar desain batik pada jantung ". Sejarah SingkatMeskipun para ahli tidak setuju mengenai asal-usul tepat batik, sampel pola resistansi pewarna pada kain dapat ditelusuri kembali 1.500 tahun yang lalu ke Mesir dan Timur Tengah. Sampel juga telah ditemukan di Turki, India, Cina, Jepang dan Afrika Barat dari abad terakhir. Meskipun di negara-negara orang-orang menggunakan teknik dekorasi menolak pewarna, dalam bidang tekstil, tidak ada telah mengembangkan batik ke bentuk seni yang sekarang hari sebagai batik yang rumit sangat berkembang ditemukan di pulau Jawa di Indonesia.Beberapa ahli merasa bahwa batik pada awalnya disediakan sebagai bentuk seni untuk royalti Jawa. Tentu saja itu royal alam adalah jelas sebagai pola-pola tertentu yang dicadangkan untuk dikenakan hanya dengan royalti dari istana Sultan. Putri dan perempuan mulia mungkin telah memberikan inspirasi untuk rasa desain yang sangat halus jelas dalam pola-pola tradisional. Hal ini sangat tidak mungkin meskipun bahwa mereka akan terlibat dalam lebih dari aplikasi lilin pertama. Kemungkinan besar, pekerjaan berantakan waxings pencelupan dan selanjutnya diserahkan kepada pengadilan pengrajin yang akan bekerja di bawah pengawasan mereka. Royalti Jawa yang dikenal sebagai pelanggan besar seni dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai bentuk seni, seperti ornamen perak, wayang kulit (wayang kulit) dangamelan orkestra. Dalam beberapa kasus, bentuk seni tumpang tindih. Orang Jawa dalang (dalang) tidak hanya bertanggung jawab atas wayang, tetapi juga Ulama lain tidak setuju bahwa batik hanya diperuntukkan sebagai bentuk seni untuk royalti, karena mereka juga merasa penggunaannya adalah lazim dengan rakyat , rakyat. Ini dianggap bagian penting dari prestasi wanita muda yang ia mampu menangani canting (alat pena-seperti yang digunakan untuk menerapkan lilin ke kain) dengan jumlah yang wajar keterampilan, tentu sama pentingnya dengan masakan dan seni rumah tangga lainnya untuk Jawa Tengah perempuan. Seleksi dan Penyusunan Kain untuk BatikBahan-bahan alami seperti katun atau sutera digunakan untuk kain, sehingga dapat menyerap lilin yang diterapkan dalam proses menolak pewarna. Kain harus dari thread count tinggi (padat tenunan). Adalah penting bahwa kain berkualitas tinggi memiliki thread count yang tinggi sehingga kualitas desain rumit batik dapat dipertahankan.Standar industri yang ketat membedakan kualitas yang berbeda dari kain yang digunakan saat ini, yang meliputi Primissima (yang terbaik) dan Prima.Kualitas kain sering ditulis di tepi desain. Sebuah kain berkualitas rendah yang sering digunakan dalam Blaco. Batik Desain AlatMeskipun bentuk seni batik sangat rumit, alat-alat yang digunakan masih sangat sederhana. The canting, diyakini penemuan murni Jawa, adalah kecil tipis dinding spouted tembaga kontainer (kadang-kadang disebut lilin pena) yang terhubung ke singkat menangani bambu. Biasanya adalah sekitar 11 cm. panjang.Wadah tembaga diisi dengan lilin meleleh Artisan dan kemudian menggunakan canting untuk menggambar desain pada kain.Canting memiliki berbagai ukuran spouts (ke nomor sesuai dengan ukuran) untuk mencapai efek beragam desain. Cerat dapat bervariasi dari 1 mm untuk pekerjaan rinci yang sangat baik untuk lebih luas spouts digunakan untuk mengisi bidang desain besar. Titik dan garis paralel bisa digambar dengancanting yang memiliki hingga 9 spouts. Kadang-kadang gumpalan kapas diikat di atas mulut canting atau melekat pada tongkat yang bertindak sebagai kuas untuk mengisi di daerah sangat besar. Untuk close-up gambar canting . WajanLilinBerbagai jenis dan kualitas dari lilin yang digunakan dalam batik. Wax umum digunakan untuk batik terdiri dari campuran lilin lebah, digunakan untuk sifat lunak, dan parafin, digunakan untuk kegemburan. Resin dapat ditambahkan untuk meningkatkan kelengketan dan lemak hewan menciptakan likuiditas yang lebih besar.Lilin harus disimpan pada suhu yang tepat. Sebuah lilin yang terlalu dingin akan menyumbat semburan dari canting. Sebuah lilin yang terlalu panas akan mengalir terlalu cepat dan tak terkendali. Para tukang yang akan meniup sering menjadi tergadai dari canting lilin sebelum mendaftar ke kain untuk menghapus segala hambatan canting. TutupSetiap cap tembaga blok adalah yang membuat suatu desain unit. Cap yang terbuat dari tembaga 1,5 cm lebar garis yang bengkok ke dalam bentuk desain. Potongan-potongan kecil kawat digunakan untuk titik-titik. Ketika selesai, pola strip tembaga terpasang pada pegangan. The topi harus dilakukan tepat. Hal ini terutama berlaku jika pola yang akan dicap di kedua sisi kain.Sangat penting bahwa kedua sisi topi yang identik sehingga pola akan konsisten. Kadang-kadang cap yang dilas antara dua grid seperti potongan-potongan tembaga yang akan membuat dasar untuk bagian atas dan Pria biasanya menangani aplikasi lilin dengan menggunakan cap . Sepotong kain yang melibatkan desain rumit bisa membutuhkan sebanyak sepuluh setcap . Penggunaan topi , karena bertentangan dengan canting, untuk menerapkan lilin telah mengurangi jumlah waktu untuk membuat kain. Saat ini, batik kualitas didefinisikan oleh cap atau tulis , makna kedua tangan ditarik desain yang menggunakan canting, atau Kombinasi , kombinasi dari dua teknik. PewarnaWarna tradisional Jawa Tengah batik dibuat dari bahan alami dan terdiri terutama dari krem, biru, coklat dan hitam.Warna tertua yang digunakan dalam pembuatan batik tradisional adalah biru. Warna dibuat dari daun tanaman Indigo. Daun yang dicampur dengan gula molase dan kapur dan dibiarkan semalam. Kadang-kadang getah dari pohon Tinggi, ditambahkan untuk bertindak sebagai agen fixing. Biru ringan dicapai dengan meninggalkan kain di mandi celup untuk jangka waktu yang singkat. Untuk warna gelap, kain akan dibiarkan di mandi celup selama berhari-hari dan mungkin telah terendam hingga 8 - 10 kali sehari. Dalam batik tradisional, yang kedua warna diterapkan adalah disebut warna coklat soga . Warna bisa berkisar dari kuning muda sampai coklat gelap. Celup yang berasal dari kulit pohon Soga. Warna lain yang secara tradisional digunakan adalah warna merah gelap disebut mengkuda . Pewarna ini dibuat dari daun Morinda Citrifolia . Final hue tergantung pada berapa lama kain itu direndam dalam bak pewarna dan seberapa sering itu dicelupkan. Pengrajin terampil dapat membuat banyak variasi warna-warna tradisional. Selain dari biru, hijau akan dicapai dengan biru pencampuran dengan kuning, ungu diperoleh dengan mencampur warna biru dan merah. The soga warna coklat dicampur dengan indigo akan menghasilkan warna biru-hitam gelap. Desain ProsesGaris besar pola diblokir keluar ke kain, tradisional dengan arang atau grafit. Tradisional batik desain menggunakan pola yang diturunkan dari generasi ke generasi. Hal ini sangat jarang bahwa seorang seniman sangat terampil yang ia dapat bekerja dari memori dan tidak perlu menggambar garis besar pola sebelum menerapkan lilin. Seringkali desain yang ditelusuri dari stensil atau pola disebut Pola . Cara lain untuk melacak pola ke kain adalah dengan meletakkan kain di atas meja kaca yang diterangi dari bawah yang melemparkan bayangan pola ke kain. Bayangan itu kemudian ditelusuri dengan pensil. Dalam pabrik-pabrik batik besar hari ini, laki-laki biasanya bertugas menggambar pola ke kain. Klik di sini untuk melihat proses langkah-demi-langkah pembuatan batik.WaxingSetelah desain ditarik keluar ke kain itu kemudian siap untuk wax. Lilin diterapkan pada kain di atas areaPekerja perempuan duduk di bangku rendah atau di atas tikar untuk menerapkan lilin dengan canting. Kain yang mereka kerjakan ini tersampir di bingkai bambu cahaya yang disebut gawangan untuk memungkinkan lilin baru diterapkan untuk mendinginkan dan mengeras.Lilin dipanaskan dalam Wajan sampai dari konsistensi yang diinginkan.Dips kemudian tukang nya canting ke dalam lilin untuk mengisi mangkuk dari canting . Artisans menggunakan lilin untuk menelusuri kembali garis pensil pada kain. Sebuah kain drop kecil disimpan pada wanita. s lap untuk melindunginya dari lilin menetes panas. Batang dari canting dipegang dengan tangan kanan dalam posisi horizontal untuk mencegah tumpahan disengaja, yang sangat mengurangi nilai dari kain akhir. Tangan kiri diletakkan di belakang kain untuk dukungan. Cerat tidak menyentuh kain, tetapi diadakan tepat di atas daerah pengrajin bekerja pada. Untuk memastikan pola didefinisikan dengan baik, batik wax pada kedua belah pihak. Benar tulis batik adalah reversibel, sebagai pola harus identik pada kedua sisi. Para pengrajin yang paling berpengalaman biasanya lakukan waxings pertama. Mengisi daerah besar mungkin dipercayakan kepada pengrajin kurang berpengalaman. Kesalahan sangat sulit untuk memperbaiki. Jika lilin sengaja tumpah pada kain, tukang akan mencoba untuk menghapus lilin yang tidak diinginkan dengan menyekanya dengan air panas. Kemudian batang besi yang dipanaskan dengan ujung melengkung digunakan untuk mencoba dan angkat dari lilin yang tersisa. Lilin tumpah tidak pernah bisa benar-benar dihapus sehingga sangat penting bahwa pengrajin sangat berhati-hati. Batik kualitas yang lebih baik dapat menggunakan wax canting di salah satu bagian dari Indonesia dan kemudian dikirim ke bagian lain dari Indonesia dimana tutup bagian dari proses selesai. Pada kualitas yang lebih baik topi perawatan kain besar diambil untuk menyesuaikan pola persis. Batik kelas rendah ditandai dengan garis tumpang tindih atau meringankan garis berwarna menunjukkan cap tidak diterapkan dengan benar. PencelupanSetelah lilin awal telah diterapkan, kain siap untuk mandi pewarna pertama. Secara tradisional sekarat dilakukan dalam bak gerabah. Saat ini sebagian besar pabrik batik menggunakan tong beton besar. Di atas tong adalah tali dengan katrol bahwa kain tersebut menutupi setelah itu telah dicelupkan ke dalam pewarna mandi.Kain wax yang direndam dalam pewarna mandi dari warna pertama. Jumlah waktu yang tersisa di kamar mandi menentukan rona warna, warna gelap membutuhkan waktu yang lebih lama atau immersions banyak. Kain tersebut kemudian dimasukkan ke dalam bak air dingin untuk lilin mengeras. Ketika daerah yang telah ditutupi dengan lilin sebelumnya perlu diekspos sehingga dapat dicelup, lilin diterapkan dikerok dengan pisau kecil. Daerah ini kemudian spons dengan air panas dan ukurannya dengan pati beras sebelum kembali tenggelam dalam bak pewarna berikutnya. Jika efek marmer diinginkan, lilin ini sengaja retak sebelum ditempatkan di mandi celup. Pewarna merembes ke dalam celah-celah kecil yang membuat garis-garis halus yang merupakan ciri khas batik. Secara tradisional, retak adalah tanda kain rendah terutama pada warna indigo batik. Pada coklat batik, bagaimanapun, efek marmer diterima. Jumlah warna dalam batik merupakan berapa kali itu direndam dalam bak pewarna dan berapa kali lilin harus diterapkan dan dihapus. Sebuah batik warna-warni merupakan pekerjaan lebih banyak yang sepotong tunggal atau dua warna. Banyak proses dye biasanya tercermin dalam harga kain. Saat ini, pewarna kimia telah cukup banyak diganti pewarna tradisional, sehingga warna tidak terbatas dan jauh lebih bebas digunakan. Perawatan Khusus untuk Kain BatikPrada atau Emas KainUntuk acara-acara khusus, batik sebelumnya dihiasi dengan emas atau timah debu emas. Kain ini dikenal sebagai kain Prada. Emas daun digunakan di Jogjakarta dan daerah Surakarta. Orang Jawa Tengah debu emas digunakan untuk menghias kain Prada mereka. Ini diaplikasikan pada kain dengan menggunakan lem buatan tangan yang terdiri dari putih telur atau minyak biji rami dan bumi kuning. Emas akan tetap pada kain bahkan setelah itu telah dicuci. Emas bisa mengikuti desain kain atau bisa mengambil desain sendiri. Batik tua dapat diberikan tampilan baru dengan menerapkan emas kepada mereka. Kain dihiasi emas masih dibuat hari ini, namun, cat emas telah menggantikan debu emas dan daun.Batik DesainMeskipun ada ribuan desain batik yang berbeda, desain tertentu secara tradisional dikaitkan dengan festival tradisional dan upacara agama tertentu. Sebelumnya, ia berpikir bahwa kain tertentu memiliki kekuatan mistik untuk menangkal kesialan, sementara potongan lain bisa membawa keberuntungan.Secara umum, ada dua kategori desain batik: motif geometris (yang cenderung menjadi desain awal) dan desain bentuk bebas, yang didasarkan pada pola bergaya bentuk alam atau tiruan dari tekstur anyaman. Nitik adalah desain yang paling terkenal yang menggambarkan efek ini. Daerah-daerah tertentu dikenal untuk keunggulan desain tertentu. Jawa Tengah desain dipengaruhi oleh pola tradisional dan warna. Batik dari pantai utara Jawa, dekat Pekalongan dan Cirebon, telah sangat dipengaruhi oleh budaya Cina dan warna cerah efek dan bunga yang lebih rumit dan desain awan. Desain fashion tinggi digambar di sutra sangat populer dengan orang Indonesia kaya. Ini sangat berkualitas tinggi potongan dapat mengambil bulan untuk membuat dan biaya ratusan dolar. KawungCeplokParangMencuci BatikDeterjen kimia keras, pengering dan pengeringan kain di bawah sinar matahari dapat memudar warna dalam batik. Secara tradisional batik dicelup harus dicuci dalam sabun untuk kain sensitif, seperti Woolite, Silky atau Halus. Batik baik di Indonesia dicuci dengan lerak buah yang dapat dibeli di pasar tradisional kebanyakan. Sebuah versi botol deterjen ini juga tersedia di toko-toko batik. Pastikan untuk melapisi batik kering di daerah yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.Batik modernBatik modern, meskipun memiliki ikatan yang kuat dengan batik tradisional, menggunakan pengobatan linear dari daun, bunga dan burung. Ini batik cenderung lebih tergantung pada perintah dari desainer daripada pedoman kaku yang telah membimbing pengrajin tradisional. Hal ini juga terlihat dalam penggunaan warna yang desainer modern menggunakan. Pengrajin tidakBusana desainer seperti Iwan Tirta telah agresif memperkenalkan batik ke kancah fashion dunia. Mereka telah melakukan banyak untuk mempromosikan seni rupa Indonesia gaun batik, dalam bentuk tradisional dan modern. Cakrawala batik terus melebar. Sementara proses desain tetap pada dasarnya sama selama abad terakhir, proses menunjukkan kemajuan besar dalam beberapa dekade terakhir. Secara tradisional, batik yang dijual di 2 1/4 panjang meter yang digunakan untuk kain Panjang atau sarung dalam pakaian tradisional.Sekarang, tidak hanya batik digunakan sebagai bahan untuk pakaian tubuh manusia, penggunaannya juga meliputi kain furnishing, hiasan dinding kanvas berat, taplak meja dan aksesoris rumah tangga.Teknik batik digunakan oleh seniman terkenal untuk membuat lukisan batik yang rahmat banyak rumah dan kantor. Kualitas batik buatan tangan baik sangat mahal dan produksi karya tersebut sangat terbatas. Namun, dalam sebuah Selama Anda tinggal di Indonesia, memanfaatkan waktu Anda di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia menarik batik. Memiliki baju batik atau kemeja pria bisnis dibuat untuk Anda oleh penjahit ataupenjahit . Kunjungi pabrik batik di Yogyakarta, Surakarta atau Pekalongan untuk melihat sendiri bagaimana proses rumit dilakukan atau mengajukan pertanyaan dari pengrajin batik memberikan demonstrasi di toko-toko seperti Sarinah atau Pasaraya di Jakarta.Anda akan datang pergi dengan rasa heran atas upaya, waktu dan kesabaran dimasukkan ke dalam penciptaan setiap kain batik. Anda juga akan segera tumbuh untuk mencintai bau lilin khas batik dan akuisisi batik Anda akan memberikan banyak kenangan tinggal di Indonesia. Dukungan Anda dari industri batik juga akan memastikan bahwa bentuk seni ini tumbuh ke puncak lebih besar. Batik Perabotan RumahSalah satu kesenangan berbeda tinggal di (atau mengunjungi) Indonesia merupakan kesempatan untuk membeli beberapa perabot rumah yang benar-benar luar biasa yang terbuat dari batik. Seperti kain benar-benar unik untuk Indonesia ... ini jelas merupakan tempat terbaik untuk membeli batik! Pabrik batik dapat produk batik untuk pesanan Anda, dengan warna kustom dan desain dalam gulungan besar, siap untuk digunakan untuk proyek-proyek dekorasi rumah Anda. Kain katun 100% biasanya preshrunk dalam proses batik sekarat dan kain lainnya yang biasanya tersedia dengan desain batik, desain harus Anda persyaratan waran. Toko akhir yang lebih tinggi juga memiliki konsultan desain yang dapat membantu Anda dengan tata letak ruangan Anda berencana untuk merancang dengan kain batik Anda dan bekerja dengan Anda pada perabot tambahan (bantal, selimut, dan bantal) untuk menyelesaikan skema warna Anda.Tambahan informaiton on Batik di IndonesiaBatik Desain: Sebuah Pengembangan Budaya Dipengaruhi oleh Perubahan Waktu & LingkunganBatik Canting - hiasan dinding yang indah dari batik antik Canting Batik - alat tangan tradisional batiking dari Indonesia Kebaya - Indonesia Busana Tradisional untuk Wanita - membaca tentang blus yang dikenakan dengan kain batik (sarung) di sebagian besar pakaian tradisional Indonesia. Charles van Santen - foto koleksi Batik Tulis dan informasi di proses produksi Klik di sini untuk melihat video You Tube oleh Piet Verboven dari proses pembuatan batik! Link ke situs lain dengan info yang baik pada batik Indonesia Halaman ini dianugerahi penghargaan Kreativitas Bangau Emas untuk kontribusi terhadap penyediaan informasi instruksional pada batik. |
Hak Cipta © 1997-2012, Expat Web Site Asosiasi Jakarta, Indonesia http://www.expat.or.id All rights reserved. Informasi pada Hidup di Indonesia, Sebuah Situs untuk Ekspatriat mungkin tidak dipancarkan atau direproduksi dalam bentuk apapun tanpa izin. Informasi ini telah dikumpulkan dari sumber-sumber yang kita, Web Site Asosiasi Expat dan relawan yang berhubungan dengan situs ini, dipercaya dapat diandalkan. Sementara sewajarnya telah diambil untuk memastikan bahwa fakta-fakta yang akurat dan up-to-date, pendapat dan komentar yang adil dan wajar, kami tidak bertanggung jawab atas mereka. Informasi yang terkandung tidak membuat rekomendasi atas mana Anda dapat mengandalkan tanpa pertimbangan pribadi lebih lanjut dan bukan merupakan suatu penawaran atau ajakan untuk membeli produk atau jasa dari kami. Pendapat dan pernyataan merupakan penilaian dari kontributor ke situs ini pada saat informasi itu ditulis dan dapat berubah tanpa pemberitahuan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar