Sabtu, 14 Desember 2013

MACAM - MACAM OBAT - OBATAN HERBAL DAN KEGUNAANNYA

7. KUNYIT

                      

                                                    
                                           
                                                


Kunyit yang mempunyai kandungan vitamin C dan E yang tinggi juga karatenoid ini adalah sejenis makanan herbal yang dapat menghalangi oksigen berlebih yang masuk dalam badan. Oleh karena itulah, selain meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit juga dapat mencegah masuk angin.
Perlu diingat dan kiat ketahui bersama Bahwa:
Meskipun mengkonsumsi rutin bumbu kare, dapat menurunkan resiko serangan penyakit Alzheimer, namun penggunaan yang berlebihan bagi orang lanjut usia dapat menimbulkan efek sakit perut, gangguan hati atau ginjal.


Selain dapat memberikan manfaat, ternyata kunyit juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh, antara lain:

  1. Menyebabkan gangguan pada lambung
  2. Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, sehingga wanita hamil dan ibu menyusui sebisa mungkin mengurangi konsumsi kunyit.
  3. Sejumlah zat/senyawa dalam kunyit sebagian sukar diserap oleh tubuh, sehingga manfaat dari kunyit ini tidak bisa dimaksimalkan oleh tubuh.
  4. Bagi anda yang sedang menjalankan kemoterapi, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit karena bisa menurunkan efek kemoterapi


Khasiat Lengkap Kunyit Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Lengkap Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan Dalam tanaman kunyit terkandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin serta zat- zat manfaat lainnya, seperti mnyak asiri volatil oil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium, Penyakit Yang Dapat Diobati oleh Kunyit kunyit dapat mengobati beragam penyakit seperti diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Amandel dan Memperlancar asi, tak hanya itu, kunyit ternyata juga dapat mengatasi penyakit Alzheimer, yaitu sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua dimana kondisi fisik otaknya mulai menurun.

 

Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Namun kondisi tersebut dapat diperlambat dengan mengkonsumsi kunyit dalam bentuk bumbu kare, hasil kesimpulan para peneliti yang dilaporkan dalam American Journal of Epidemiologi Edisi 1 November 2006, menyebutkan bahwa bumbu kare sangat berpotensi mencegah penyakit alzheimer karena dilihat dari kemanjurannya dan tidak beracun. Hasil ini merupakan bukti pertama yang menunjukkan adanya keterkaitan antara konsumsi kare dengan kemampuan kognitif otak.
Rahasia keampuhan kunyit sebagai obat penyakit alzheimer, terletak pada zat pewarna kuning kurkumin yang terdapat di dalam rimpang kunyit yang digunakan dalam membuat bumbu kare tersebut. Kurkumin pada kunyit memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengobati berbagai jenis penyakit karena senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter, antioksidan, anti mikroba, anti radang dan anti virus.
Selain itu kurkumin pada kunyit ternyata juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ada beragam cara penggunaan kunyit bagi kesehatan, kunyit pun memiliki segudang manfaat. Selain untuk bumbu dapur, kunyit juga mampu digunakan untuk obat tradisional baik menjaga kesehatan maupun kecantikan. Berikut 11 manfaat Kunyit untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Kunyit dapat mengobati diabetes Mellitus

Resep bahan 3 rampang kunyit, 1/2 sendok teh garam cara membuat : kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring cara menggunakan diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
2 Kunyit dapat mengobati Tifus

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.resep cara membuat semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas ai masak yang masih hangat dan disaring cara menggunakan : diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut – turut.
3. Kunyit dapat mengoabti Usus Buntu

Resep bahan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa aren, garam secukupnya cara membuat kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring Cara menggunakan : diminum setiap pagi setelah makan secara teratur.
4. Kunyit dapat mengobati disentri

Resep bahan 1 – 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. resep cara membuat semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas kemudian disaring cara menggunakan diminum dan diulangi sampai sembuh.
5. Kunyit dapat mengobati Sakit Keputihan

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa / are Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring cara menggunakan diminum 1 gelas sehari.
6. Kunyit dapat megobati Haid Tidak Lancar

Resep bahan : 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading cara membuat : semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian disaring cara menggunakan dapat diminum 1 gelas sehari.
7. Kunyit dapat mencegah panas dalam

Resep Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. Sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat. Lakukan terus, sampai panas dalam Anda hilang.
8. Kunyit dapat mencegah keputihan

Resep Ambil 2 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. Bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.
9. Kunyit Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit.

Resep Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup mencampurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.
10. Mencegah rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan

Bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan. Bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. Lakukan terus sampai rasa sakit hilang.
11. Akar kunyit dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik

Dan bengkak-bengkak pada tubuh Anda. Karena kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit dipercaya dapat menurunkan kolesterol, dan menyempitkan arteri, selain itu kunyit dapat mencegah penyakit serangan jantung mendadak.

12. Mengobati Penyakit Biduran ( kaligata )

Penderita yang terserang biduran (kaligata) mendadak timbul gatal-gatal pada kulit.Gatal-gatal tersebut berlangsung lama sehingga penderita merasa kulitnya menjadi tebal.Jika sering digaruk, kulit menjadi kemerah-merahan dan semakin meluas ke seluruh permukaan tubuh.Jika sampai ke bagian muka yang terserang, mata kelihatan membengkak termasuk bibir.

Penderita biduran (kaligata) sebaiknya banyak makan sayuran dan buah-buahan.Kubis sementara dijauhi dulu.Ikan atau makanan yang berbau amis harap menjadi pantangan utama.Jika mandi jangan menggunakan air dingin,tetapi harus air hangat.Akan lebih baik mandi dengan menggunakan obat tradisional biduran (kaligata) lainnya yakni rebusan daun mimba atau rebusan daun mindi.

Berikut adalah pilihan resep yang harus diminum,

Resep 1 Obat Tradisional Biduran (Kaligata)
Bahan:
Kulit batang pule..................... 3 jari tangan
Temulawak sebesar telur itik... 1 biji
Kunyit sebesar telur ayam....... 1 biji
Cara meramu:
Cuci bersih semua bahan, iris tipis temulawak dan kunyit.Rebus bahan dalam 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas.
Aturan pakai:
Minum ramuan obat tradisional dengan dosis dewasa 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.Minum ramuan sesudah makan.

Resep 2 Obat Tradisional Biduran (Kaligata)

Bahan:
Daun sambiloto.................. 11 lembar
Meniran.............................. 3 tanaman
Kunyit sebesar telur ayam....1 biji
Cara meramu:
Cuci semua bahan, potong meniran, kupas dan iris tipis kunyit.Rebus semua bahan dalam 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas.Angkat dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan  dengan dosis dewasa 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur minimal selam 4 minggu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar